9 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan

9 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh – Semua orang pasti sudah mengenal rempah yang satu ini, terlebih bagi para ibu-ibu yang hobi sekali memasak. Ketumbar sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bumbu penyedap makanan, bentuk dari ketumbar hampir sama seperti merica namun lebih kecil. Selain membuat masakan menjadi lebih sedap, ketumbar juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Hal tersebut dapat kita lihat dari kandungan senyawa yang terdapat dalam ketumbar. Studi menyebutkan jika ketumbar memiliki 11 komponen minyak esensial, 6 tipe senyawa asam, dan berbagai mineral serta vitamin yang baik bagi kesehatan manusia. Namun apa saja manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari ketumbar?

Baca Juga: Cara Memerahkan Bibir

Berikut ini 9 manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh yang dapat diperoleh jika kita mengaplikasikannya secara benar :

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Kandungan senyawa asam yang terdapat dalam ketumbar seperti asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat diketahui sangat efektif dalam menurunkan kolesterol dalam darah. Selain menurunkan kadar kolesterol tinggi, senyawa tersebut dapat mengurangi deposit kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri dan pembuluh vena.

  1. Mengurangi Kadar Gula Darah Tinggi

Ketumbar memiliki kandungan senyawa baik bernama Cumin, kandungan ini akan masuk ke dalam kelenjar Endokrin dan nantinya akan meningkatkan kegiatan sekresi insulin dari pancreas. Hal tersebutlah yang membantu dalam mengubah gula menjadi Glikogen sampai pada akhirnya kadar gula darah yang tinggi bisa menurun ke level normal. Manfaat ini sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes, untuk proses penyembuhan.

  1. Mengatasi Masalah Diare

Kandungan senyawa Borneol dan Linalool dalam ketumbar dapat membantu memperbaiki proses pencernaan serta meningkatkan fungsi hati. Selain itu proses pengikatan masa feses pada usus dapat berjalan dengan semestinya, hal tersebut membantu dalam menghindarkan organ pencernaan terserang diare. Ketumbar juga memiliki zat antibakteri seperti Cineol, Borneol, Alpha pinene, dan Beta phelandrene yang berguna untuk mengatasi masalah diare secara alami.

  1. Membantu Sistem Pencernaan

Ketumbar kaya akan kandungan minyak esensial yang berguna dalam sekresi enzim dan menjaga cairan pencernaan dalam perut. Selain itu, kandungan tersebut dapat merangsang proses pencernaan dengan cara meningkatkan gerakan peristaltik dalam saluran pencernaan. Minyak esensial yang terkandung dalam ketumbar juga bisa membantu mengatasi masalah anoreksia.

  1. Mengatasi Masalah Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat dalam ketumbar bisa membantu mengatasi masalah anemia dan membuat kualitas tidur menjadi baik.

  1. Mengatasi Bengkak

Ketumbar memiliki 11 kandungan minyak esensial yang salah satunya bernama Cineole, selain minyak esensial terdapat juga asam Linoleat. Jika kedua kandungan tersebut bersatu maka akan memiliki khasiat antirematik dan anti Arthritis. Maka dapat disimpulkan jika ketumbar mampu mengatasi bengkak akibat rematik dan Arthritis.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh lainnya adalah dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan zat Antioksidan, Vit.A, Vit.C, dan Mineral seperti fosfor mampu menjaga kesehatan mata dan meremajakannya. Selain itu kandungan tersebut dapat melawan stres akibat mata kelelahan untuk melihat. Zat Antimikroba dalam ketumbar juga bisa membantu dalam mengatasi konjungtivitas.

  1. Masalah Menstruasi

Ketumbar mampu menstimulasi secara alami dan membantu sekresi hormon dari kelenjar Endokrin secara teratur. Maka dapat dikatakan jika ketumbar mampu menjaga keteraturan menstruasi serta rasa sakit yang mungkin akan ditimbulkan.

  1. Mengatasi Kelainan Kulit

Ketumbar juga mampu mengatasi masasalah kulit seperti eksim, kulit kering, dan infeksi jamur pada kulit.

Demikianlah artikel mengenai 9 Manfaat ketumbar untuk kesehatan tubuh, semoga dapat bermanfaat dan menjadi bacaan yang berguna.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *